Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif. Kepuasan pasien berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan. Apabila suatu instansi kesehatan salah satunya adalah Puskesmas akan melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan maka harus dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pasien pengguna BPJS dengan mutu pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 30 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 12 responden atau 40,0% menyatakan puas terhadap pelayanan, dan sebanyak 18 responden atau 60,0% menyatakan baik terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diberikan. Nilai uji statistik tersebut memiliki nilai p-value sebesar 0,001 yang berarti p value < 0,05. Maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan pasien pengguna BPJS dengan mutu pelayanan. Diharapkan mutu pelayanan dapat ditingkatkan pada aspek-aspek yang dinilai masih kurang dan tetap mempertahankan mutu yang sudah baik sehingga kepuasan pasien khususnya pengguna BPJS dapat tercapai secara optimal bagi pasien pengguna BPJS.
Copyrights © 2024