Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan

Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Learning pada Elemen Estimasi Biaya Konstruksi dan Perumahan

Rifqi, Muhammad (Unknown)
Herman, Nanang Dalil (Unknown)
Purwanto, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Memilih model dan media pembelajaran yang tepat merupakan aspek krusial bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Model Cooperative Learning serta media video merupakan fokus pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi bagaimana penerapan pembelajaran model Cooperative Learning (CL) dengan bantuan media video; (2) mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model CL dengan dukungan media video. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran elemen estimasi biaya konstruksi dan perumahan materi penjadwalan proyek konstruksi dan penyusunan kurva-S. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas XI TKP 1 SMKN Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan perangkat pembelajaran (modul ajar), lembar observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Teknik analisis data mencakup analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis hasil belajar, yang terdiri dari analisis deskriptif hasil belajar, uji N-Gain, dan uji Wilcoxon. Temuan penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: (1) Berdasarkan rata-rata nilai lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, penerapan model pembelajaran CL dengan dukungan media video pada elemen estimasi biaya konstruksi dan perumahan di SMKN Cibinong dilaksanakan dengan sangat baik; (2) Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa penerapan model CL yang dibantu media video mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKP 1 SMKN Cibinong pada elemen estimasi biaya konstruksi dan perumahan dengan kategori peningkatan yang tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPTB

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Transportation Other

Description

The Journal of Building Engineering Education (JPTB) is a six monthly journal that contains manuscripts in the fields of education, building construction and entrepreneurship. The scope of JPTB is in the form of research results and analytical critical studies in the fields of Vocational Education, ...