Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 3 No. 2 (2020)

PEMBELAJARAN FUN LEARNING MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NURYA BIL ILMA JEMBER

Nurul Sofiyah (Unknown)
Asri Widiatsih (Unknown)
Kustiyowati Kustiyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Fun Learning Melalui Kegiatan Meronce Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Nurya Bil Ilma Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, sumber data yang diambil dari data primer dan sekunder, untuk informan penelitian ini menggunakan tehnik purpossive sampling dan. SedangkanfTeknik pengumpulan data menggunakan system wawancara mendalam (indepthwawancara), observasi, dan dokumentasi, Analisa data menggunakan model interaktifbMilles dan A. Michael Huberman, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitianini telah menghasilkan temuanse bagai berikut :Pertama, pada perencanaanyang dilakukan diantaranya, (1). Mengkroscek perencanaan kerja pada hari sebelumnya, (2). Membuat konsep untuk menindak lanjuti hasil belajar sebelumnya,(3).Menentukan permainan untuk menghidupkan Pembelajaran, dan (4). Menentukan media Pembelajaran. Keseluruhan langkah-langkah tersebut dilaksanakan dalam forum permusyawarahan antar guru TK. Guru juga mempertimbangkan efektifitas penggunaan media, efektifitas waktu serta menfungsikan orang tua dalam pembelajaran skill tertentu. Ketiga, untuk mengevaluasi Pembelajaran terdiri dari beberapa bagian diantaranya, (1). Kontrol secara internal, yaitu melalui pengawasan kinerja pada guru-guru, (2). Kontrol sisi eksternal, yaitu melalui tingkat kepuasan orang tua siswa. Bentuk instrument evaluasi berpedoman pada kurikulum yang berlaku, sedangkan evaluasi yang dilakukan orang tua dengan cara mereview anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...