Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 4 No. 1 (2021)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO COMPACT DISK DAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGENALAN HURUF ANAK TK KARTINI

Halila Halila (Unknown)
Kustiyowati Kustiyowati (Unknown)
Ahmad Jazuly (Unknown)
I Wayan Wesa Atmaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh media pembelajaran audio compact disk dan kartu kata bergambar terhadap pengenalan huruf anak TK Kartini semester ganjil tahun pembelajaran 2020-2021. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh media pembelajaran audio compact disk terhadap pengenalan huruf? Responden penelitian ini adalah anak TK Kartini dengan jumlah 30 anak, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas. Uji hipotesis dengan: 1) uji t dan 2) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel pengaruh media pembelajaran audio compact disk terhadap pengenalan huruf 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh media pembelajaran audio compact disk terhadap pengenalan huruf, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh media pembelajaran kartu kata bergambar terhadap pengenalan huruf adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh media pembelajaran kartu kata bergambar terhadap pengenalan huruf, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh media pembelajaran audio compact disk dan kartu kata bergambar terhadap pengenalan huruf secara bersama-sama. Saran dan rekomendasi dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media pembelajaran sangat efektif utamanya dalam materi pengenalan huruf sehingga disarankan agar pendidik anak usia dini menerapkannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...