Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran

St. Hajar, St. Hajar (Unknown)
Nanning, Nanning (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Abstrak: Karakteristik peserta didik merupakan salah satu yang menjadi bahan pertimbangan dan pijakan dalam perencanaan konsep pembelajaran. Konsep pembelajaran dalam hal ini adalah bentuk perencanaan terhadap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan dan hasil yang diharapkan terjadi. Adapun karakteristik peserta didik berkaitan dengan beberapa aspek yaitu aspek fisiologis, aspek psikologi, dan aspek lingkungan. Dan setiap peserta didik memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik, karena hal tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam merumuskan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran, sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang berjalan lancar, efektif, efisien, dan bermakna. Dan pada dasarnya pembelajaran yang dilaksanakan memang seharusnya disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Penulisan artikel ini dilakukan dengan mengkaji beberapa sumber literature atau pustaka dan juga melalui pengamatan karakteristik peserta didik di MA DDI Lil Banat Parepare pada mata pelajaran akidah akhlak. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya bagi seorang pendidik memahami karakteristik peserta didik dalam perencanaan konsep pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Kata Kunci: Karakteristik, Peserta Didik, Konsep Pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...