Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Kreativitas Guru PAI Berbasis Karakter Peserta Didik Dalam Mendesain Dan Memanfaatkan Media Pembelajaran

Irawati, Rika (Unknown)
Bahtiar (Unknown)
Masud, Mukhtar (Unknown)
Darwis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Peran guru dalam proses belajar mengajar lebih dari sekedar menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik. Untuk membantu peserta didik belajar lebih efektif dan efisien, guru harus mampu menyediakan dan menggunakan berbagai alat bantu belajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Untuk mencapai hasil pendidikan yang memuaskan menuntut guru untuk kreatif dalam gaya mengajarnya dan mengembangkan ide-idenya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan latar SDN 3 Unggulan Parepare. Analisis data didasarkan pada wawancara yang dilakukan terhadap guru PAI yang bertanggung jawab membuat dan menggunakan bahan ajar. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi penggunaan media pembelajaran yang dilakukan guru PAI di SDN 3 Parepare didasarkan pada kepribadian peserta didik, dan mereka menciptakan desain pembelajaran yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang diterapkan di kelas, penggunaan bahan ajar berbasis karakter peserta didik oleh guru PAI di SDN 3 Parepare. Dengan menciptakan materi pembelajaran yang sudah ada, peserta didik dapat memaksimalkan pembelajarannya. Revitalisasi proses pembelajaran menuntut guru untuk secara aktif menumbuhkan kreativitas. Hal ini mencakup pengembangan pandangan positif dan proaktif membayangkan kondisi dan skenario yang kondusif bagi pembelajaran yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...