Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL

PENGARUH PEMAHAMAN TANDA BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS VIII SMP PGRI CIMANGGIS

Rina Nuryani (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Eneng Aidatul Cahyani (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman tanda baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Dalam penelitian ini, dua variabel tersebut adalah pemahaman tanda baca dan kemampuan menulis karangan narasi. Teknik sampling pada penelitian ini adalah sampling acak. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis data, regresi sederhana. Setelah penulis menganalisis, pemahaman tanda baca peserta didik SMP PGRI Cimanggis Kota Depok sanagat berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan bahwa : F hitung< Ftabel atau 1,14 < 4,2 sehingga terima Ho atau tolak H1 artinya tidak terdapat pengaruh antara pemahaman tanda baca dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VIII SMP PGRI Cimanggis Depok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lingua

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Lingua (P-ISSN 2302-402X) menerbitkan artikel hasil penelitian dan artikel konseptual tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Lingkup topik meliputi: 1) Bahasa Indonesia untuk orang asing, bahasa Indonesia, pengajaran ...