Keterampilan membaca pemahaman yang baik merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pula informasi atau ilmu yang diperoleh. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami makna tulisan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama ketika membaca buku. Hal tersebut disebabkan oleh kekurangtepatan pemilihan teknik yang digunakan ketika membaca. Berdasarkan pemikiran tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan teknik membaca SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman mahasiswa semester 1 tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi, maka desain yang digunakan adalah metode eksperimen dengan tipe pretest, posttest control group design, yaitu pemberian pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kontrol serta pemberian perlakuan pada kelas eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 76 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu 1a dijadikan kelas eksperimen dan 1b dijadikan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bukti bahwa penggunaan teknik membaca SQ3R efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan yang dilakukan secara komputerisasi dengan bantuan program Microsoft Excel 2013. Hasil uji-t dari keterampilan membaca pemahaman adalah 0,642 > taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak (Ha diterima)
Copyrights © 2022