Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Surdaya Juniawan (STKIP SYEKH MANSHUR)
Siti Nurhasanah (STKIP SYEKH MANSHUR)
Hadromi (STKIP SYEKH MANSHUR)
Siti Silvia (STKIP SYEKH MANSHUR)
Asep Saefullah Kamali (STKIP SYEKH MANSHUR)
Ismi Widyaningrum (STKIP SYEKH MANSHUR)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Jika fasilitas atau sarana yang memadai tersedia untuk mendukungnya, maka media pembelajaran modern, seperti laptop, proyektor, gadget, Chromebook, PowerPoint, dll dapat digunakan. Namun, di beberapa sekolah, alat bantu belajar tradisional seperti menggunakan karton, kartu, dan lain-lain masih digunakan karena kurangnya fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan antusiasme siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Pandeglang dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang menggabungkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pencatatan, dan pengisian kuesioner. Melalui penerapan media pembelajaran tradisional, ternyata minat belajar siswa meningkat. Alasan penggunaan media pembelajaran tradisional adalah kurangnya fasilitas sekolah untuk mendukung penerapan media pembelajaran berbasis modern. Meski demikian, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika semakin membaik, hal itu dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan ditunjukan dalam hasil pengisisan angket.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...