Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Asep Saeful Rohman (STKIP Syekh Manshur)
Syahrudin (STKIP SYEKH MANSHUR)
Iza Azkia Rahma Wijaya (STKIP SYEKH MANSHUR)
Ira Asyura (STKIP SYEKH MANSHUR)
Usep Saepul Mustakim (STKIP SYEKH MANSHUR)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Pembelajaran merupakan wadah yang diberikan pendidik agar peserta didik mampu memperoleh ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pandeglang menggunakan metode pembelajaran Konvensional, Erni Ratna Dewi (2018) mengemukakan bahwa metode konvensional dalam pembelajaran adalah metode yang digunakan berdasarkan kecenderungan yang menjadikan guru dan siswa tidak pasif selalu belajar, berpikir dan inovatif. Maka dari itu, metode konvensional dianggap lebih mudah dipahami karena lebih banyak melakukan interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Karena interaksi tersebut sehingga peserta didik termotivasi untuk lebih aktif dan kegiatan belajar mengajar menjadi hidup. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif pengisian kuisioner berupa angket. Dari data hasil analisis model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar peserta didik yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pandeglang kelas X IPA 3 yang berjumlah 32 Peserta didik mata pelajaran matematika peneliti melihat bahwasanya pengisian kuisioner berupa angket dari data tersebut penerapan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar cukup efektif. Peserta didik mendapatkan motivasi lebih pada penerapan model pembelajaran konvensional dengan data dari 32 peserta didik motivasi mempunyai skor 5 (dilakukan oleh guru dengan sangat baik).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...