Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol. 1 No. 1 (2022): 2022

Analisis Proses Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa SD/MI Selama Pandemi Covid-19

Jiwanjaya, Yoga (Unknown)
Yusuf (Unknown)
Ratna Sari, Cindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyebar sangat cepat di dunia termasuk di Indonesia menyebabkan permasalahan yang serius diberbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Pandemi Covid-19 di sektor pendidikan mulai terasa saat Kemdikbud memutuskan pembelajaran daring baik ditingkat Perguruan Tinggi, SMA, SMP, SD/MI sederajat. Pembelajaran di SD/MI yang semula dilakukan secara luring/tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran dan minat belajar siswa Sd/MI. Metode penelitia yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai jurnal penelitian dan referensi lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SD/MI banyak guru yang menggunakan whatssapp dalam menyampaikan materi dan tugas, namun minat belajar siswa mengalami penurunan. Pembelajaran yang dikombinasikan antara whatsapp dengan aplikasi lainnya seperti zoom, google meet, edmodo, youtube, google classatau zoom siswa memiliki minat belajar yang baik dibanding hanya menggunakan whatsapp saja dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMI (Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Juni dan Agustus, dan Desember. Selanjutnya jurnal ini diterbitkan ...