Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 1 No. 2 (2024): Desember

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Materi Hak dan Kewajiban Kelas IV SDN Pakis V Surabaya

Falakhah, Eva Nurul (Unknown)
Anam, Fatkul (Unknown)
Fitriyah, Enok (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada matei hak dan kewajiban. Jenis penilitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV – B SDN Pakis V Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain hasil tes, observasi, lembar angket motivasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi hanya 19% sebelum siklus. Kemudian, pada siklus I, motivasi belajar siswa memenuhi kriteria keberhasilan meningkat menjadi 67%, dan pada siklus II, motivasi siswa belajar yang memenuhi kriteria keberhasilan meningkat menjadi 86%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT berdampak pada motivasi belajar siswa yang menjadi meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...