Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat
Vol 1, No 1 (2023)

Peningkatan Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD): Sebuah Studi Kasus di Banten, Indonesia

Evi Afiati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Robby Zidny (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Alfiandy Warih Handoyo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mohamad Saripudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Education for Sustainable Development merupakan kunci pendorong keberhasilan Sustainable Development Goal. ESD mengembangkan keterampilan, nilai, dan sikap yang memungkinkan peserta didik untuk menjalani kehidupan yang sehat dan memuaskan, membuat keputusan berdasarkan informasi, dan menanggapi tantangan local dan global. Guru Bimbingan dan Konseling perlu mengintegrasikan layanan Bimbingan dan Konseling dengan Education for Sustainable Development. Tujuan penulisan naskah ini ialah untuk mendeskripsikan hasil analisis peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesiapan guru bimbingan dan konseling untuk menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling beroreintasi Education for Sustainable Development. Kegiatan ini melibatkan 30 guru Bimbingan dan Konseling Provinsi Banten. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesiapan guru Bimbingan dan Konseling untuk menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling berorientasi Education for Sustainable Development.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jskkm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat publishes case study articles on community activities in both villages and cities, both economically productive and economically unproductive communities. Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat is published byGemilang Maju Publikasi Ilmiah (GMPI). Jurnal Studi ...