Journal of Banua Science Education
Vol. 5 No. 1 (2024)

Validitas Perangkat Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Multirepresentasi untuk Mendukung Pemahaman Konsep Optika

Dinata, Pri Ariadi Cahya (Unknown)
Hartanto, Theo Jhoni (Unknown)
Hakim, Luqman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran predict-observe-explain (POE) berbasis multirepresentasi yang valid untuk mendukung pemahaman konsep optika geometri, yang merupakan salah satu konsep fundamental dalam memahami fenomena Cahaya dan sifatnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan fokus pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan, karena ketiga tahap ini dianggap cukup dalam menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid sebelum diuji coba lebih lanjut. Validasi dilakukan oleh lima validator menggunakan instrumen berbasis skala likert yang mencakup aspek konstruksi, konten, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa skor rata-rata skenario pembelajaran sebesar 4,84 dan lembar kerja mahasiswa sebesar 4,80, yang mana berada dalam kategori "sangat baik" pada semua aspek. Perangkat pembelajaran model POE berorientasi multirepresentasi berpotensi untuk memfasilitasi dekonstruksi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep optika geometri mahasiswa, sebagaimana didukung oleh studi sebelumnya yang menunjukkan efektivitas pendekatan POE dalam merangsang keterlibatan kognitif dan mengurangi miskonsepsi pada topik fisika. Konstruksi dan karakteristik perangkat dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam penerapan pembelajaran POE dengan pendekatan multirepresentasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran melalui penerapannya di kelas nyata, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dan keterlibatan aktif mereka selam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JBSE

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

The Journal of Banua Science Education is a scientific journal published by the Master Program of Natural Science Education of Lambung Mangkurat University. The journal dissemination papers are written based on the study results and literature review in the sphere of natural science education, ...