Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 6 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Edutainment Bagi Dosen Pemula Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Menyenangkan

Moh. Solehuddin (STAI Ar-Rosyid Surabaya)
Dadang Muhammad Hasyim (STIKes Karsa Husada Garut)
Wa Ode Riniati (Universitas Muhammadiyah Buton)
Hamzah Puadi Ilyas (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta)
Muslimin Muslimin (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment bagi dosen pemula dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimental pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dosen pemula yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang menerima pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment efektif meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri dosen pemula dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi mahasiswa. Dosen yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan dalam penerapan strategi edutainment, interaksi yang lebih positif dengan mahasiswa, dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...