Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 2 (2024): Journal on Teacher Education

Dinamika Pengaruh Sosial: Tinjauan Teoritis tentang Konformitas, Compliance, Obedience, dan Persuasi dalam Psikologi

Bella Pratiwi (Universitas Negeri Padang)
Neviyarni S (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Konformitas sosial merujuk pada kecenderungan individu untuk menyesuaikan sikap, keyakinan, dan tindakan mereka agar sejalan dengan kelompok sosial tertentu. Compliance melibatkan kepatuhan terhadap permintaan atau aturan tanpa adanya paksaan langsung, sedangkan obedience adalah ketaatan terhadap perintah dari otoritas yang lebih tinggi, meskipun hal tersebut bertentangan dengan preferensi pribadi. Persuasi sosial berfokus pada usaha untuk mengubah sikap atau perilaku seseorang melalui komunikasi yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat konsep ini saling berkaitan dan berkontribusi pada cara individu berinteraksi dalam kelompok sosial. Penelitian ini mengonfirmasi teori-teori yang ada, seperti yang dikemukakan oleh Asch dan Milgram, serta memberikan wawasan baru tentang bagaimana individu dapat menavigasi dinamika sosial yang kompleks, membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh sosial dalam konteks yang lebih luas. Temuan menunjukkan bahwa individu cenderung menyesuaikan diri dengan norma-norma kelompok untuk mendapatkan penerimaan sosial, dan bahwa struktur kekuasaan dalam kelompok dapat mempengaruhi keputusan individu secara signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...