Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 2 (2024): Journal on Teacher Education

Tinjauan Teoritis tentang Self dalam Psikologi Sosial

Frinska Daisy Leries (Universitas Negeri Padang)
Neviyarni S (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas konsep "self" dalam psikologi sosial melalui tinjauan teoritis. Psikologi sosial sebagai cabang psikologi yang mempelajari bagaimana sebuah pikiran, perasaan, dan perilaku individu dipengaruhi oleh suatu kehadiran sosial. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan penelusuran literatur dari berbagai sumber akademik. Hasil menunjukkan bahwa "self" mencakup beberapa dimensi utama: konsep diri, harga diri, kesadaran diri, presentasi diri, pengungkapan diri, dan persepsi diri. Dimensi ini saling berkaitan dan memengaruhi interaksi sosial serta kemampuan individu dalam mengelola identitasnya di tengah dinamika masyarakat. Kajian ini menyoroti pentingnya pemahaman tentang "self" untuk membantu individu mengenali kekuatan dan kelemahan diri, membangun hubungan interpersonal, serta menghadapi kompleksitas kehidupan modern. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dalam memahami "self" sebagai komponen penting dalam perilaku manusia dan interaksi sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...