Kurikulum di Indonesia terus mengalami perkembangan sebagai bentuk inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan zaman. Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan diketahui dilandasi oleh konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tujuan penelitian yaitu menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka yang relevan terhadap konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara. Metode penelitian berupa penelitian berjenis kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan data sekunder yang diperoleh melalui library research atau studi literatur. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memiliki berbagai relevansi dengan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara sebab kurikulum ini dilandasi oleh usulan, gagasan, semboyan dan pendekatan pendidikan yang diusung Ki Hajar Dewantara. Relevansi tersebut yaitu 1) kesamaan penekanan pembelajaran yang berorientasi pada kemerdekaan dan kebebasan belajar, 2) arah pembelajaran secara teacher centered yang meningkatkan kemandirian dan keaktifan siswa, 3) tujuan pembelajaran yaitu dapat meningkatkan upaya pembentukan karakter pada peserta didik. Berbagai gagasan dan filosofis dari Ki Hajar Dewantara seperti sistem among diketahui sangat sejalan dengan konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan saat ini. Oleh karena itu, diharapkan guru maupun siswa dapat mengeksplorasi dengan lebih mendalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk mendukung keberhasilan pendidikan Kurikulum Merdeka dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2024