Tujuan Penelitian ini yaitu meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengimplementasikan pembelajaran PPKn terhadap sikap kesatuan dan persatuan dalam menggunakan permainan Kapal Perang. Peneliti mengambil metode kuantitatif deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Peterongan Semarang. Dengan total siswa berjumlah 24 siswa. Dari hasil temuan penelitian mengenai permainan Kapal Perang dalam pemahaman peserta didik untuk menerapkan sikap persatuan dan kesatuan dengan metode teknik analisis deskriptif kuantitatif di kelas V berdampak positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan berupa nilai karakter pada implementasi pembelajaran PPKn dimana didapatkan hasil 83% aktif pada permainan Kapal Perang dan juga pada hasil evaluasi permainan. Pada penanaman nilai persatuan dan kesatuan mendapatkan hasil penilaian formatif peserta didik yaitu 92% atau 22 dari 24 siswa mencapai KKM. Pada hasil ini siswa dinyatakan tuntas dalam penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam permainan Kapal Perang.
Copyrights © 2024