Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 02 Juni 2024

IMPLEMENTASI PERMAINAN KAPAL PERANG DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP PERSATUAN DAN KESATUAN PEMBELAJARAN PPKn

Afella Zuhfa (Universitas pgris Semarang)
Harto Nuroso (Unknown)
Arfanny Hanum (SDN Peterongan)
Fine Reffiane (Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengimplementasikan pembelajaran PPKn terhadap sikap kesatuan dan persatuan dalam menggunakan permainan Kapal Perang. Peneliti mengambil metode kuantitatif deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Peterongan Semarang. Dengan total siswa berjumlah 24 siswa. Dari hasil temuan penelitian mengenai permainan Kapal Perang dalam pemahaman peserta didik untuk menerapkan sikap persatuan dan kesatuan dengan metode teknik analisis deskriptif kuantitatif di kelas V berdampak positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan berupa nilai karakter pada implementasi pembelajaran PPKn dimana didapatkan hasil 83% aktif pada permainan Kapal Perang dan juga pada hasil evaluasi permainan. Pada penanaman nilai persatuan dan kesatuan mendapatkan hasil penilaian formatif peserta didik yaitu 92% atau 22 dari 24 siswa mencapai KKM. Pada hasil ini siswa dinyatakan tuntas dalam penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam permainan Kapal Perang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...