Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 3 (2024): Volume 10 No. 3 September 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PROSES FOTOSINTESIS MELALUI MEDIA WORDWALL SDN GADING VII SURABAYA

Umi Khanifah (Umiversitas Negeri Surabaya, SDN Gading VII Surabaya)
Budiyono (Unknown)
Khoirul Fansuri (Unknown)
Agus Sumarliani (Unknown)
Dewi Astutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses fotosintesis di kelas IV SDN Gading VII Surabaya melalui penggunaan media Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gading VII Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 61% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 72, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai ketuntasan 82% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 83. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gading VII Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...