Penelitian ini menggunakan instrumen validasi ahli media dan ahli materi serta nilai pre test dan post test untuk mengukur dampak penggunaan fitur embed pada Google sites terhadap pemahaman siswa kelas V. Materi yang diangkat dalam penelitian ini adalah MAPEL IPAS dengan topik Harmoni dalam Ekosistem. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dimulai bulan Juli hingga September menggunakan metode RD dengan model 4D (define , design , develop, disseminate). Pengembangan media yang dibuat divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 88% dan ahli media 91% dengan katagori Sangat layak. Penelitian dilakukan menggunakan Metode Pre test - Post test dengan Populasi penelitian 40 siswa yang berada di kelas 5 SDN 03 Setalik. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelas Eksperimen (n=20) menggunakan google sites dengan fitur embed dan kelas kontrol (n=20) menggunakan pembelajaran konvensional atau klasik. Berdasarkan perhitungan statistik hasil pre tast dan pos test kelas kontrol rata-rata sebesar 39,20 menjadi 57,60. Sementara kelas ekperiment dari 47,30 menjadi 83,30. Standar deviasi yang lebih rendah pada kelas Eksperimen mengindikasikan peningkatan pemahaman yang konsisten. Hasil perhitungan lanjut melalui uji statistik Mann-Whitney U dengan nilai 0,001 mengindikasikan bahwa intervensi multimedia berbasis google site memberikan dampak yang signifikan. Hal ini juga didukung oleh uji N-gain score dengan nilai 0,7075 termasuk ke dalam katagori tinggi dan dalam presentasi dikategorikan Efektif dengan nilai 70,75. Dengan demikian, pemanfaatan fitur embed pada google sites berhasil mengoptimalkan pemahaman siswa kelas 5 terhadap konsep Harmoni dalam Ekosistem.
Copyrights © 2024