Model Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran berfokus pada mengajarkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efek penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis E-LKPD dengan pendekatan TPACK terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas mereka dalam mata pelajaran IPA di SMP. Metode penelitian melibatkan review literatur dari jurnal internasional menggunakan perangkat lunak Publish or Perish, diikuti dengan analisis mendalam terhadap artikel yang ditemukan. Hasil studi menunjukkan bahwa menerapkan Model Pembelajaran CPS berbasis E-LKPD dengan pendekatan TPACK secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan juga kreativitas mereka dalam mata pelajaran IPA di SMP. Implikasi dari temuan ini memberikan saran kepada guru dan pihak terkait dalam pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran inovatif guna meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dalam konteks mata pelajaran IPA. The Creative Problem Solving (CPS) model in learning focuses on teaching problem solving and creative thinking skills. This research aims to explore the effect of implementing the E-LKPD-based Creative Problem Solving (CPS) Learning Model with the TPACK approach on students' ability to solve problems and increase their creativity in science subjects in junior high school. The research method involves a literature review from international journals using Publish or Perish software, followed by an in-depth analysis of the articles found. The study results show that implementing the E-LKPD-based CPS Learning Model with the TPACK approach significantly increases students' ability to solve problems and also their creativity in science subjects in junior high school. The implications of these findings provide suggestions for teachers and related parties in education to consider using innovative learning models to improve students' skills and creativity in solving problems in the context of science subjects.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024