Publikasi Pendidikan
Vol 14, No 3 (2024)

English Fun Competition: Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Pembelajaran Aktif di MTs Al-Hidayah

Ryan Rayhana Sofyan (Universitas Negeri Makassar)
Herman Herman (Universitas Negeri Makassar)
Sultan Sultan (Universitas Negeri Makassar)
Suardi Suardi (Universitas Negeri Makassar)
Hasriani Hasriani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Program pengabdian ini dilakukan di MTs Al-Hidayah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berbahasa Inggris siswa yang rendah akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Sebagai solusinya, diterapkan metode pembelajaran aktif yang dikombinasikan dengan English Fun Competition. Kegiatan ini melibatkan siswa dalam simulasi percakapan, diskusi kelompok, serta pembuatan alat peraga bahasa Inggris untuk kompetisi. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan keterampilan berbahasa siswa. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan motivasi dan kemampuan berbahasa Inggris siswa secara signifikan, terutama dalam keterampilan berbicara dan menulis. Siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam mengikuti proses belajar, serta berpartisipasi penuh dalam kegiatan kompetisi yang diselenggarakan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...