Publikasi Pendidikan
Vol 14, No 2 (2024)

Penguatan Kompetensi Guru PAI melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi BETA (Belajar Dari Peta) sebagai Media Edukasi Doa-doa Harian bagi Siswa SD

Aeni, Ani Nur (Unknown)
Hanifah, Nurdinah (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Erlina, Tiara (Unknown)
Dewi, Diana Puspita (Unknown)
Hadi, Fakhri Luqman (Unknown)
Ramadhani, Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Pengabdian berbasis kepakaran bidang ilmu ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru PAI melalui pelatihan pembuatan aplikasi BETA (Belajar dari Peta) sebagai media edukasi doa’doa harian bagi siswa SD. Sasaran pengabdian dibatasi sebanyak 15 orang guru SD dengan 4 orang pelatih/instruktur selama 32 jam yang dilaksanakan pada 21-23 Juli 2023 di SDN Sukamaju. Materi pelatihan meliputi urgensi kompetensi guru PAI dalam membuat media pembelajaran, analisis KD PAI SD, materi doa-doa harian, jenis-jenis media pembelajaran, pengenalan berbagai aplikasi media pembelajaran, pengenalan aplikasi berbasis Android, pengenalan aplikasi BETA, desain aplikasi BETA dan penerapannya untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD, pengisian konten dalam aplikasi BETA dan penerapannya untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD, praktik pembuatan aplikasi Android di SD, dan latihan pembuatan untuk media pembelajaran berbasis aplikasi Android di SD. Hasil pengabdian ini adalah: 1) guru-guru dapat meng-upgrade kemampuan IT-nya dengan mengoptimalkan powerpoint dan beberapa aplikasi yang tersedia  (canva, youtube, Web2AK, VN) untuk pembuatan media pembelajaran bagi siswa SD, 2) cara melatih guru-guru untuk membuat media pembelajaran berupa aplikasi Android dilakukan dengan cara membimbing mereka dalam mempersiapkan perlengkapan sampai proses convert menjadi aplikasi Android. Peserta merasakan nilai manfaatnya dan berharap dapat mengikuti pelatihan-pelatihan membuat media pembelajaran berikutnya berbentuk aplikasi lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...