Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 2 (2024): Volume 03 Nomor 02 (Oktober 2024)

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dengan Memanfaatkan Jenni AI bagi Guru-Guru di Kabupaten Jeneponto

Hisyam Ihsan (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Makassar)
Rosidah Rosidah (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Makassar)
Fauziyyah Alimuddin (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Makassar)
St. Zulaiha Nurhajarurahmah (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Makassar)
Fitrah Asma Darmawan (Jurusan Elektronika, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penulisan karya ilmiah adalah bagian penting dalam pengembangan profesional guru, terutama di daerah yang memiliki keterbatasan akses teknologi seperti Kabupaten Jeneponto. Banyak guru di wilayah ini belum terbiasa menggunakan teknologi dalam proses penulisan, sehingga tantangan waktu dan akurasi menjadi kendala yang umum. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi Jenni AI, sebuah alat bantu berbasis kecerdasan buatan, guna mendukung efisiensi dan kualitas penulisan ilmiah guru. Pelatihan dilaksanakan melalui kerja sama dengan MGMP Jeneponto pada Juli 2024 dan melibatkan pengenalan teknologi, pendampingan penulisan, serta diskusi interaktif. Hasilnya menunjukkan bahwa 50% peserta mampu menyelesaikan bagian pendahuluan dalam waktu kurang dari tiga jam, dan para guru melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa akademik. Tantangan terbesar adalah ketiadaan data penelitian yang memadai, sehingga rekomendasi disampaikan agar peserta membawa data dalam pelatihan berikutnya. Pelatihan ini berhasil menunjukkan efektivitas teknologi dalam mendukung proses penulisan ilmiah guru di daerah terpencil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...