. Implementasi penelitian dalam kegiatan mengajar telah menjadi kebutuhan penting bagi guru. Melalui penerapan penelitian sambil mengajar, guru tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga memperoleh wawasan terkait aspek-aspek pembelajaran yang perlu diperbaiki. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berfokus pada SMPN 3 Majene, Kabupaten Majene, yang menghadapi beberapa masalah, antara lain: (1) rendahnya penulisan karya ilmiah, sehingga pembelajaran jarang dievaluasi melalui riset, (2) kurangnya pengetahuan dan minat guru dalam menulis karya ilmiah, dan (3) minimnya pendampingan dalam membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pelatihan dan pembimbingan guru dalam menulis proposal, mengembangkan instrumen penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyusun laporan hasil penelitian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) guru memahami konsep dasar karya tulis ilmiah dan penelitian, (2) guru mampu menyusun perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, (3) keterampilan mengumpulkan dan menganalisis data hasil penelitian, serta (4) keterampilan menyusun laporan penelitian. Secara keseluruhan, 90% guru yang mengikuti pelatihan memahami cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian kuantitatif di kelas mereka
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024