Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2023): (JGIA) Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (Agustus-Oktober 2023)

Pengaruh Supervisi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi pada Guru SMPN 18 Bandung)

Kurniasih, Ratna (Unknown)
Komar Priatna, Deden (Unknown)
Avianti, Widiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Supervisi, (2) Disiplin Kerja, (3) Kinerja Guru, dan (4) Pengaruh Supervisi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPN 18 Kota Bandung. secara bersamaan dan sebagian.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif dan survey eksplanatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai di lingkungan guru SMPN 18 Kota Bandung dengan jumlah sampel 44 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas, dan horizon waktu dalam penelitian ini adalah cross-sectional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa supervisi guru SMPN 18 Kota Bandung sudah baik, disiplin kerja guru SMPN 18 Kota Bandung secara umum dapat dikatakan baik, kinerja guru SMPN 18 Kota Bandung saat ini sudah tergolong baik. Supervisi dan Disiplin Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Guru SMPN 18 Kota Bandung. Akan tetapi, disiplin kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja daripada supervisi. Oleh karena disiplin kerja dominan berpengaruh terhadap kinerja, menjadi prioritas utama dalam peningkatan kinerja, maka guru SMPN 18 Kota Bandung diharapkan untuk senantiasa menjaga kondisi yang ada, sehingga mampu bekerja lagi secara profesional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JGIA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Greenation Ilmu Akuntansi (JGIA) merupakan peer-reviewed jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak ...