Penelitian ini bertujuan mengkaji inovasi dalam manajemen administrasi yang diterapkan oleh Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto guna mendorong pelayanan publik yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumestasi. Pendekatan dalam Penilitian ini adalah menggunakan penelitian deskripstif kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa Pengelolaan layanan administrasi pada Seksi PD Pontren kabupaten Mojokerto sudah dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen yakni adanya Perencanaan, Pelaksanaan dan tahap Monitoring dan evaluasi. Kemudian kualitas pelayanan publik seksi PD Pontren dapat dilihat melalui tiga indikator yakni standar pelayanan berbasis SOP, budaya pelayanan prima dan penilaian kepuasan terhadap pelayanan melalui hasil survey IKPP. adapun inovasi Manajemen Administrasi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yakni Sosialisasi Penggunaan Aplikasi sistem Informasi Pendidikan pada seluruh lembaga Pendidikan Pesantren di Kabupaten Mojokerto, Penyusunan SOP layanan seksi PD Pontren dengan detail dan jelas, dan Pembuatan Buku Saku Pelayanan untuk Mall Pelayanan Publik Seksi PDPontren. Serta masih beberapa program inovasi yang akan dibuat namun masih dalam tahap rencana pengembangan.
Copyrights © 2024