Abstrak Literasi Al-Qur’an merupakan keahlian kemampuan dalam menumbuh kembangkan tiga keahlian utama dalam berinterkasi dengan Al-Qur’an, kemahiran tersebut ialah keterampilan membaca, menulis serta menghafal Al-Qur’an. Riset ini bertujuan guna menganalisis implementasi rasa cinta Al-Qur’an semenjak dini pada anak, hingga diadakan program literasi Al-Qur’an di Sd It Ummu Hafidzah Desa Citarum, Kab. Deli Serdang. Fokus kajian pada dua perihal ialah Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an Pada Anak serta Keberdaya- gunaan Metode Literasi Al-Qur’an. Metode riset yang digunakan yakni kualitatif berbasis pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan informasi yang digunakan yakni observasi, wawancara, serta riset dokumentasi. Informasi yang diproleh setelah itu dianalisis memakai metode Miles serta Huberman, ialah reduksi informasi, serta penarikan kesimpulan. Penemuan analisis menampilkan kalau program literasi Al-Qur’an bisa menambah keterampilan siswa membaca Al-Qur’an. Pola yang diterapkan dalam riset ini merupakan siswa membaca Al-Qur’an secara beramai- ramai di dalam lapangan sekolah sepanjang 35 menit serta di ruangan kelas. Dukungan penuh yang diberikan oleh segala masyarakat sekolah yang meliputi kepala sekolah, pendidik, staf, dan variabel pendukung luar yang berasal dari kondisi siswa itu sendiri, misalnya keluarga dalam melangsungkan latihan keterampilan Al-Qur’an
Copyrights © 2024