Metode pembelajaran guru sangat berpengaruh pada suasana kelas dan tujuan pembelajaran. Jika metode pembelajaran guru kurang menarik maka siswa akan cepat jenuh dan pasif. Oleh karena itu guru harus memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan dari implementasi metode bernayanyi pada mufaradat Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengambil data dengan observasi, dokumentasi, tes dan wawancara di MTs Negeri 4 Surabaya. Guru di MTs Negeri 4 yang memiliki banyak sekali metode pembelajaran, namun metode bernyanyi dinilai lebih efektif dan bisa mencapai tujuan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kalam siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa senang dan antusias dalam mengucapkan mufradat Bahasa arab dengan metode bernyanyi dengan begitu kemampuan kalam siswa bisa terus bertambah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi pada mufaradat Bahasa Arab mampu meningkatkan maharah kalam siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Surabaya.
Copyrights © 2024