Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh lingkungan belajar yang kondusif terhadap kualitas pembelajaran pada mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan lingkungan belajar terhadap kualitas pembelajaran pada mahasiswa di Program Studi Ekonomi dan Administrasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif deskriptif. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 30 mahasiswa sebagai responden dan data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan teknis analisis data menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa di Program Studi Ekonomi dan Administrasi Universitas Negeri Jakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Parsial (uji t) sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 7,00 > 0,697. Artinya, variabel Lingkungan Belajar (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kualitas Pembelajaran (Y). Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kualitas Pembelajaran, Proses Pembelajaran
Copyrights © 2024