Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 6 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH SELF-EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA

Diah Ayu Lestari (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana self-efficacy dan dukungan sosial mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa. Variabel utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah self-efficacy dan dukungan sosial sebagai variabel independen dan kesiapan kerja sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas yang dilaksanakan sebelum data dianalisa. Hasil uji normalitas terhadap data penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, uji multikolinearitas menunjukkan bahwa tidak terdapat masalah multikolinearitas pada model regresi yang diuji, serta uji heterokedastisitas menunjukkan tidak ada indikasi kuat bahwa terdapat masalah heteroskedastisitas dalam model regresi ini terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, (2) dukungan sosial tidak berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor internal, seperti self-efficacy, lebih berperan penting dalam kesiapan kerja mahasiswa dibandingkan dengan faktor eksternal seperti dukungan sosial. Namun, dukungan sosial tetap dapat menjadi elemen penting dalam konteks yang berbeda atau bagi kelompok tertentu. Kata Kunci: Self-Efficacy, Dukungan Sosial, Kesiapan Kerja

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...