Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dan manajemen waktu berdampak pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dengan Skala Likert sebagai instrumen yang didistribusikan kepada populasi penelitian yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi yang masih aktif. Data dikumpulkan dengan mengambil sampel sebanyak 60 responden yang telah mengisi kuesioner dengan lengkap dan benar. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan Uji T dan Uji F. Dari pengolahan data dalam penelitian ini, Hasil Uji Parsial menunjukkan bahwa Penggunaan Media Sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,231, Manajemen Waktu berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 dan Hasil Uji Simultan menunjukan bahwa Penggunaan Media Sosial dan Manajemen Waktu berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Akademik dengan nilai signifikansi 0,000. Dapat disimpulan dari penelitian ini bahwa prestasi akademik dapat dipengaruhi secara signifikan oleh penerapan penggunaan media sosial dan manajemen waktu dengan koefisien determinasi sebesar 30,6%. Dan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci: Manajemen Waktu, Prestasi Akademik, Penggunaan Media Sosial.
Copyrights © 2024