The aim of this research is to analyze the Value Clarification Technique in Social Studies for grade IV elementary school students. The research method used is a literature review based on previous relevant journals or research articles related to the topic. The findings consist of a review of nine articles or journals based on references, samples, methods, and interventions. Beside that, it is linked to grade IV Social Studies Learning in Kurikulum Merdeka, which is related to moral development. The conclusions of this research includes that the VCT learning model can be applied in Social Studies subject, for instance, in the Kurikulum Merdeka chapters VI and VIII, which can shape students' morals to be applied in daily life. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran teknik klarifikasi nilai dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tinjauan pustaka berdasarkan jurnal atau artikel penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian ini. Hasil penelitian ini berupa tinjauan dari sembilan artikel atau jurnal berdasarkan referensi, sampel, metode, dan intervensi. Selain itu, dikaitkan dengan pembelajaran materi IPS kelas IV kurikulum merdeka yang berkaitan dengan pembentukan moral. Kesimpulan penelitian ini meliputi model pembelajaran VCT dapat diterapkan pada pelajaran IPS misalnya pada kurikulum merdeka bab VI dan VIII yang dapat membentuk moral siswa untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2024