Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional bagi mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yang melibatkan 50 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2022, yang dipilih berdasarkan kriteria yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 25, dengan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keakuratannya. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, meliputi uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan menjadi guru profesional bagi mahasiswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,527 dan signifikansi di bawah 0,05. Sementara itu, prestasi belajar tidak memberikan pengaruh signifikan, dengan nilai signifikansi 0,224. Nilai R-Square sebesar 2,7% menunjukkan bahwa 2,7% variasi kesiapan menjadi guru profesional dapat dijelaskan oleh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar, sementara 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keaktifan Dalam Organisasi, Prestasi Belajar, Kesiapan Menjadi Guru
Copyrights © 2024