Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA

Godeberta Thessa Aprilia (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Di era digital, e-book semakin populer sebagai sumber belajar alternatif yang menawarkan kemudahan akses dan fleksibilitas bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana penggunaan e-book mempengaruhi minat baca mahasiswa, mengingat minat baca merupakan kunci sukses dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Jakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat seperti uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, tidak ada masalah multikolinearitas, serta tidak ditemukan masalah heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa penggunaan e-book berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan frekuensi dan durasi membaca mahasiswa. Temuan ini menekankan pentingnya optimalisasi e-book untuk mendorong literasi dan motivasi belajar di kalangan mahasiswa di era digital. Kata Kunci: Penggunaan E-book, Minat Baca, Media Pembelajaran Digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...