Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA

Herliana Herfine (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Keterampilan Kolaborasi merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan di abad ke-21 ini. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi mahasiswa untuk memiliki keterampilan kolaborasi yang mumpuni agar dapat bersaing di masa kini dan masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan adanya gamifikasi dalam pembelajaran dan minat belajar dapat mempengaruhi keterampilan kolaborasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik survei berupa kuesioner dalam pengumpulan datanya. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistic deskriptif dengan bantuan Jeffreys’s Amazing Statistic Program (JASP) dan dengan bantuan penelitian relevan lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa Gamifikasi dalam Pembelajaran (X1) memiliki nilai t hitung yaitu sebesar 0.350 sedangkan Miant Belajar (X2) Nilai t hitung sebesar 4,269. Hasil Pengujian ini menunjukkan hasil bahwa Gamifikasi dalam Pembelajaran (X1) tidak berpangaruh terhadap keterampilan Kolaborasi dan Minat Belajar (X2) memiliki pengaruh signifkan terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Kata Kunci: Gamifikasi, Minat Belajar, Keterampilan Kolaborasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...