Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Aryo Putut Sadewo (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kemajuan pesat dalam teknologi digital telah menyebabkan transformasi yang signifikan di sektor pendidikan, dengan hadirnya inovasi berupa media pembelajaran digital interaktif yang kini banyak digunakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Meskipun kemajuan teknologi ini semakin banyak diterapkan, penelitian yang mengkaji secara spesifik dampak alat-alat teknologi tersebut terhadap motivasi dan prestasi akademik mahasiswa di UNJ masih terbatas. Berdasarkan gap penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital interaktif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa, dengan fokus pada peran media tersebut dalam mendorong keterlibatan aktif mahasiswa di lingkungan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 mahasiswa UNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital interaktif memiliki dampak positif dan signifikan terhadap tingkat motivasi belajar mahasiswa, yang selanjutnya berkorelasi kuat dengan peningkatan prestasi akademik mereka. Mahasiswa yang menggunakan media ini melaporkan peningkatan keterlibatan, partisipasi aktif, dan pemahaman materi yang lebih baik, menunjukkan potensi media digital interaktif dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Hasil ini menekankan pentingnya dukungan dari institusi pendidikan untuk mengintegrasikan alat pembelajaran digital yang interaktif guna meningkatkan kualitas keterlibatan mahasiswa dan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Media pembelajaran digital interaktif, motivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...