Minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar seringkali rendah, yang berdampak pada keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis permasalahan terkait kurangnya minat peserta didik, serta mengembangkan inovasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi literatur dari guru serta peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kurangnya variasi strategi pengajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya minat belajar. Inovasi yang diusulkan meliputi pengelompokan peserta didik berdasarkan kebutuhan individu, penggunaan sumber belajar yang lebih variatif, serta penerapan proyek-proyek yang relevan dengan minat peserta didik. Temuan ini menunjukkan potensi besar pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat dan partisipasi peserta didik. Inovasi ini memberikan wawasan baru bagi guru untuk menyesuaikan strategi pengajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024