Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

INOVASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: MENGATASI KURANGNYA MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Citra Indri Pramesti Regina (Unknown)
Gilang Surya Leksana (Unknown)
Galang Budi Prakoso (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar seringkali rendah, yang berdampak pada keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis permasalahan terkait kurangnya minat peserta didik, serta mengembangkan inovasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi literatur dari guru serta peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kurangnya variasi strategi pengajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya minat belajar. Inovasi yang diusulkan meliputi pengelompokan peserta didik berdasarkan kebutuhan individu, penggunaan sumber belajar yang lebih variatif, serta penerapan proyek-proyek yang relevan dengan minat peserta didik. Temuan ini menunjukkan potensi besar pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat dan partisipasi peserta didik. Inovasi ini memberikan wawasan baru bagi guru untuk menyesuaikan strategi pengajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...