Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara guru melakukan penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Fokus dari penelitian ini mencakup bagaimana cara guru merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran, serta merancang penilaian yang sesuai dengan pendekatan CTL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek yang terdiri dari guru kelas VI, kepala sekolah, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian di SD Negeri Tegal Rejo Surakarta menunjukkan bahwa dalam menentukan tujuan pendidikan, guru merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan. Guru menguraikan tujuan pembelajaran dengan menekankan elemen Audiens, Behavior, Condition, dan Degree. Sebagai bagian dari proses pengajaran, guru mengintegrasikan unsur-unsur CTL seperti konstruktivisme, inkuiri, dan penggalian pertanyaan. Selama penelitian, guru juga memperhatikan berbagai aspek penilaian otentik, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2024