Model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) telah banyak diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan sebagai metode pembelajaran aktif yang efektif. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PjBL dalam meningkatkan hasil belajar, keterampilan abad ke-21, dan motivasi siswa, khususnya pada mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis data dari berbagai jurnal yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa PjBL berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis serta kreatif siswa. Pendekatan ini juga mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah melalui proyek yang relevan. Meskipun menghadapi tantangan seperti kebutuhan waktu dan sumber daya, PjBL sejalan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka dan pembentukan profil Pelajar Pancasila. Studi ini merekomendasikan penerapan PjBL yang lebih luas dengan pelatihan bagi pendidik untuk memastikan keberhasilan implementasi.
Copyrights © 2024