Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Serta pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada pembelajaran dalam pembelajaran yang dilakukan di suatu Sekolah Dasar di kota Surakarta pada jenjang kelas IV, sebagai bentuk pengamatan awal serta untuk mengetahui permasalahan yang mungkin muncul dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Peneliti akan mencari dan mengumpulkan informasi yang dapat diperoleh dari buku, majalah, jurnal penelitian dan literatur terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian Good Behavior Game dalam pembelajaran sebagai bentuk upaya membangun sikap Pancasilais pada jenjang sekolah dasar. Sikap Pancasilais adalah sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan termaktub dalam Profil Pelajar Pancasila yang memiliki enam dimensi, yang telah dirumuskan oleh badan pemerintahan serta telah diapilkasikan pada pembelajaran melalui kurikulum yang telah berlaku. Sedangkan Good Behavior Game (GBG) merupakan sebuah pendekatan inovatif dalam memanajemen perilaku peserta didik di kelas, GBG merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang menginterfensi pada sikap atau perilaku agresif peserta didik. Profil Pelajar Pancasila memiliki hubungan dengan Good Behavior Game berdasarkan pembahasan mengenai sikap yang diharapkan tumbuh melalui penerapan Good Behavior Game dengan keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Good Behavior Game merupakan bentuk upaya untuk membangun sikap Pancasilais di sekolah dasar. Kata kunci: Sikap Pancasilais; Good Behavior Game; Manajemen Kelas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024