Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VIII DI MTsN 3 SIDOARJO

Rohman, Fatkhur (Unknown)
Jariyah, Ita Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Dalam pembelajaran sains, terutama pada materi Bumi dan Tata Surya, kemampuan ini dapat dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bumi dan Tata Surya. Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran abad ke-21, yang meliputi aspek fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (keunikan), dan elaboration (perincian). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian experiment serta desain penelitian pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Digunakan populasi yang berasal dari siswa kelas VIII dan sampel penelitian ini ialah siswa kelas VIII berjumlah 30 siswa. Subjek penelitian adalah siswa tingkat menengah yang telah mempelajari materi Bumi dan Tata Surya. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bumi dan Tata Surya masih bervariasi, dengan dominasi pada aspek kelancaran dan keluwesan, sedangkan aspek keunikan dan perincian memerlukan pengembangan lebih lanjut. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kreatif meliputi pemahaman konsep, motivasi belajar, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek dan pendekatan inkuiri, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...