Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MENGUBAH KEHENINGAN MENJADI SUARA: COLLABORATIVE LEARNING SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK PESERTA DIDIK PASIF DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR

Salma Zahratun Nisa (Unknown)
Najwa Anggari (Unknown)
Winarti Rusviani (Unknown)
Suderajat Fivan Imani (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting dalam mewujudkan potensi peserta didik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu mata pelajaran yang dapat mewujudkan potensi tersebut adalah pembelajaran PKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV pada mata pelajaran PKN melalui penerapan Collaborative Learning. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu Sekolah Dasar yang terletak di Kecamatan Laweyan dengan subjek penelitian pada kelas IV sebanyak 26 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah model Collaborative Learning diyakini sebagai solusi efektif untuk mengatasi permasalahan PKN di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...