Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Muhammad Uday (Unknown)
Siti Aisyah (Unknown)
Emy Rocmiyati (Unknown)
Saefudin Zuhri (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Evaluasi pembelajaran dalam Perspektif Islam adalah suatu upaya untuk menilai dan merefleksikan hasil dari proses pendidikan, baik itu dari segi tujuan, metode, maupun hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai konsep evaluasi dalam Islam, dengan fokus pada tujuan, fungsi, teknik, dan prosedur evaluasi yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), dengan menganalisis literatur dan dokumen-dokumen terkait untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai evaluasi pendidikan dalam konteks Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan evaluasi pendidikan Islam lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotorik, serta berfungsi untuk memperbaiki berbagai komponen dalam pendidikan, seperti metode, materi, dan perilaku peserta didik. Evaluasi juga berfungsi sebagai umpan balik yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu perbaikan sistem pendidikan. Teknik evaluasi dalam perspektif Islam mencakup tes dan non-tes, yang disesuaikan dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan dan kemajuan peserta didik. Prosedur evaluasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, monitoring, pengolahan data, pelaporan, dan penggunaan hasil evaluasi. Dengan demikian, evaluasi pendidikan dalam Islam berperan penting dalam memastikan pencapaian tujuan pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan keberhasilan di dunia dan akhirat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...