Cendikia Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMAHAMI MATERI BILANGAN PECAHAN

Hutagalung, Nella Trisnauli (Unknown)
Nadapdap, Sriwangi (Unknown)
Aruan, Putri Amanda (Unknown)
Nainggolan, Thalita A.J (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Rarastika, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Kajian ini menganalisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami materi bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan kajian literatur (library research). Permasalahan utama yang diidentifikasi meliputi ketidaksesuaian antara representasi simbolis dan visual, keterbatasan pendekatan pembelajaran, serta rendahnya pemanfaatan alat bantu. Analisis literatur menunjukkan bahwa pendekatan berbasis representasi multipel, seperti manipulatif konkret, diagram visual, dan teknologi interaktif, efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dalam konteks Indonesia, solusi ini memerlukan adaptasi yang mempertimbangkan keterbatasan sumber daya dan budaya lokal. Temuan penelitian ini menawarkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan berbagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bilangan pecahan. Penelitian ini juga merekomendasikan pengembangan modul pembelajaran berbasis representasi multipel dan pelatihan guru untuk implementasi yang lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...