Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya pelatihan keterampilan administrasi dalam mempromosikan kesiapan kerja mahasiswa pendidikan adminitrasi perkantoran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dengan Skala Likert sebagai instrumen yang didistribusikan kepada mahasiswa yang masih aktif. Kemudian jawaban responden yang telah diperoleh diproses menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 25. Dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan administrasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran Universitas Negeri Jakarta. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiwa yang mengikuti pelatihan keterampilan administrasi cenderung memiliki kesiapan kerja yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,421. Hasil perhitungan statistik ini menyatakan bahwa kemampuan variabel X (pelatihan keterampilan administrasi) dalam menerangkan perubahan variabel Y (kesiapan kerja) sebesar 42,1%, sisanya 57,9% dijelaskan variabel lain. Selanjutnya dapat dibuktikan pada hasil uji T bahwa pelatihan keterampilan administrasi memiliki tingkat Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha dapat diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2024