Cendikia Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022-2023)

Maharani, Fauziah (Unknown)
Wolor, Christian Wiradendi (Unknown)
Swaramarinda, Darma Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran e-learning, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran e-learning telah menjadi salah satu metode utama dalam pendidikan modern, terutama setelah transformasi teknologi yang semakin pesat. Motivasi belajar dan kemandirian belajar juga dianggap sebagai faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan sejumlah responden dari kalangan siswa yang telah menggunakan media pembelajaran e-learning dalam proses belajarnya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diujii menggunakan software SPSS 23 dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil yang didapat terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan pada media pembelajaran e-learning, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sedangkan terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan pada motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...