Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan gaya belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional bagi mahasiswa. Dalam penelitian ini fokus utamanya adalah bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan gaya belajar mempengaruhi kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa. Variabel utama pada penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dan gaya belajar yang menjadi variabel independen dan kesiapan menjadi guru profesional sebagai variabel dependen. Metode di dalam penelitian ini yaitu, metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, meliputi uji asumsi klasik, uji T, uji F, serta koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan menjadi guru profesional bagi mahasiswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,417 dan signifikansi di bawah 0,05. Nilai R-Square sebesar 0,046 menunjukkan bahwa 4,6% variasi kesiapan menjadi guru profesional dapat dijelaskan oleh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar, sementara 95,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional, (2) gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional, (3) pemanfaatan teknologi informasi dan gaya belajar sama-sama saling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan gaya belajar cenderung akan memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi sebuah tantangan, menetapkan tujuan hidup yang jelas, dan menerima diri sendiri secara positif. merupakan faktor kunci dalam mendukung proses kesiapan menjadi guru profesional bagi mahasiswa.
Copyrights © 2024