Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian terdiri mahasiswa aktif Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Angkatan 2022 yang bersedia menjadi responden penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Form. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting dalam mendukung efektivitas model pembelajaran berbasis proyek. Interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kritis menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar, terutama pada mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi. Hasil ini mengindikasikan pentingnya pembelajaran berbasis proyek dengan strategi penguatan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024